Waspadai Kemarau Yang Mulai Bulan Maret

Musim kemarau yang lebih kering dari tahun-tahun sebelumnya menjadi peringatan serius bagi masyarakat Indonesia untuk mempersiapkan diri menghadapi dampak kekeringan. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), daerah-daerah seperti Provinsi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Nusa Tenggara Barat (NTB) termasuk yang paling rawan terdampak oleh kekeringan.

Oleh karena itu, BMKG mengajak masyarakat untuk melakukan aksi panen air hujan sebagai langkah antisipatif menghadapi musim kemarau. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menampung air hujan menggunakan tandon atau bak penampung.

Dalam beberapa bulan ke depan, curah hujan dengan kategori intensitas rendah diprediksi dapat terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Sektor-sektor seperti sumber daya air, kehutanan, pertanian, dan kebencanaan, perlu melakukan langkah antisipatif untuk meminimalkan potensi dampak kekeringan sebagai konsekuensi kondisi curah hujan rendah tersebut.

BMKG telah merinci daerah-daerah yang diprediksi mendapatkan potensi curah hujan bulanan dengan kategori rendah. Hal ini menjadi peringatan bagi masyarakat untuk lebih waspada dan melakukan persiapan yang matang menghadapi kemarau kering yang akan datang.

Dalam kondisi seperti ini, kerja sama erat antara BMKG dengan sektor-sektor yang terdampak kekeringan menjadi sangat penting. BMKG memberikan informasi update reguler mengenai perkembangan iklim dan bersama-sama menetapkan langkah-langkah mitigasi untuk mengurangi dampak kekeringan.

Kondisi La Nina yang melemah dan beralih menuju kondisi Netral pada Februari – Maret 2023 serta kondisi ENSO (El Nino Southern Oscillation) Netral yang diprediksi akan terus bertahan hingga pertengahan tahun 2023, menjadi faktor yang memperparah potensi terjadinya kemarau kering di Indonesia.

Sebagai masyarakat Indonesia, kita perlu memahami pentingnya menjaga sumber daya air, terutama di masa-masa sulit seperti ini. Mari bersama-sama melakukan upaya pencegahan dan pengelolaan air yang lebih baik, seperti dengan melakukan aksi panen air hujan dan mengurangi penggunaan air yang tidak perlu. Semoga Indonesia dapat melewati musim kemarau dengan baik dan dapat mempertahankan keberlanjutan sumber daya airnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *