Sampaikan Aspirasi Masyarakat, Kaki Kalsel Unjuk Rasa di Kejati Kalsel dan Bea Cukai Kalbagsel

Kalselhits.com Banjarmasin Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Kalsel menggelar aksi unjuk rasa di Kejaksaan Tinggi Kalsel dan Kantor Wilayah Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan (Kalbagsel) pada Kamis (12/10/2023).

Ketua Kaki Kalsel, H Akhmat Husaini, menyampaikan bahwa aksi ini bertujuan untuk mengungkap dugaan tindak pidana korupsi dalam sektor pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Dugaan tersebut melibatkan uang miliaran rupiah yang diduga digunakan untuk memenangkan proyek. Mereka telah menyampaikan data dan bukti kepada Kejati Kalsel.

Selain itu, Kaki Kalsel juga mempertanyakan status penyelidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar. Mereka berharap agar proses ini segera dikejar dan terbuka.

Di Kantor Wilayah Bea Cukai Banjarmasin, mereka juga mengajukan pertanyaan tentang ekspor nikel, yang menjadi perhatian masyarakat Kalimantan Selatan. LSM Kaki Kalsel ingin memastikan bahwa proses ekspor ini dilakukan dengan transparansi.

Kasi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Kalsel, Priyo, menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan analisis dan pendalaman terhadap data yang diterima dari aksi tersebut.

Sementara itu, Seksi Humas Kantor Wilayah Bea Cukai Kalbagsel, Agus Prasetyo, mengungkapkan bahwa KPK telah melakukan kajian dan koordinasi terkait ekspor biji besi, bukan nikel. Namun, ada ketentuan terkait royalti yang perlu diperbaiki untuk keuntungan maksimal negara. (Mega)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *