Pengurus Pusat SWI Mendaftar Sebagai Konstituen Dewan Pers: Langkah Misi Bersama

Kalselhits.com Jakarta Pada Selasa, 17 Oktober 2023, Pengurus Pusat Svekber Wartawan Indonesia (SWI) melangkah menuju tahap baru dengan melakukan pendaftaran sebagai organisasi wartawan konstituen Dewan Pers. Acara pendaftaran ini berlangsung di Lt. VII Gedung Dewan Pers, Jalan Kebun Sirih No. 32-34 Jakarta Pusat.

Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Pers, Atmaji Sapto Anggoro, bersama dengan tenaga ahli Winarto dan Sekretariat Dewan Pers Rita menyambut baik langkah tersebut dengan menerima jajaran Pengurus Pusat SWI secara langsung.

Sekjen SWI, Herry Budiman, yang didampingi oleh Wakil Ketua Umum Ali Nasrullah, Bendahara Umum Anwar Nurdin, Kabid Humas Hendra Gunawan, dan Kabid Hubal Arief Ramdhani, mengungkapkan kebahagiaannya, “Alhamdulillah SWI hari ini telah mendaftarkan diri untuk menjadi konstituen Dewan Pers.”

Menurut Herry, menjadi konstituen Dewan Pers adalah salah satu misi utama SWI, yang telah menjadi program prioritas sejak Rakernas Juli 2022 di Bogor. Keputusan ini didukung oleh 180 Pengurus SWI dari seluruh Indonesia.

Herry menjelaskan, “Konsekwensinya SWI harus melengkapi persyaratan sesuai Peraturan DP Nomor 07/Peraturan-DP/V/2008 tentang pengesahan SK DP Nomor 04/SK-DP/III/2006 tentang Standar Organisasi Wartawan.” Ia menekankan bahwa meskipun persyaratan ini tidak mudah, SWI berhasil memenuhinya berkat kesolidan dan kesepahaman pengurus SWI di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Herry menegaskan bahwa SWI adalah entitas yang independen dan tidak terafiliasi dengan Dewan Pers Indonesia (DPI). “DPP melakukan vermin terhadap pengurus dan anggota. Bahkan DPP sempat mencabut SK 8 DPW SWI Provinsi dan 2 DPD Kabupaten/Kota dengan anggota sekira 200an orang, karena tidak tertib administrasi dan beberapa kedapatan sudah tidak bekerja pada media pers,” ungkapnya.

Selain pendaftaran sebagai konstituen Dewan Pers, SWI terus meningkatkan eksistensinya melalui program-program internal dan eksternal. Program eksternal seperti “Ngobrol Pintar dan Inspiratif (Ngopi)” merupakan forum diskusi yang memberikan solusi terhadap isu-isu terkini di daerah masing-masing, melibatkan jajaran forkompimda, tokoh masyarakat, dan lainnya. Herry berharap agar program ini bisa dijalankan secara rutin, setiap minggu, di seluruh daerah.

Sementara itu, program internal SWI berfokus pada peningkatan kompetensi anggota melalui diklat dan workshop tematik, serta partisipasi dalam UKW. Untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, SWI telah mendirikan Koperasi Sekber Wartawan Sejahtera (SWS) yang tengah dalam proses pemberdayaan. Anggota SWI juga diwajibkan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Herry mengakhiri dengan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus dan anggota SWI di seluruh Indonesia, “Saya ucapkan terima kasih atas support teman-teman pengurus dan anggota SWI di seluruh Indonesia. Kita akan selalu bersama, kompak, dan saling mendukung!”

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *