Pemasangan Pipa Baru Diameter 630 Mm Rampung, PAM Bandarmasih Lakukan Uji Coba

Banjarmasin – Dalam rangka meningkatkan pelayanan ke kawasan Banjarmasin Utara, khususnya Sungai Andai, PAM Bandarmasih akan lalukan uji coba terhadap pipa baru dengan diameter 630 mm.
Pipa yang baru terpasang di kawasan Banua Anyar itu bertujuan untuk mendistribusikan air bersih secara khusus ke kawasan Sungai Andai.
Senior Manager IT dan Aset Pelaksana PAM Bandarmasih, Walino menjelaskan, kalau pihaknya akan melakukan kegiatan interkoneksi pipa baru diameter 630 mm ke pipa yang lama diamter 400 mm.
“Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan pemasangan pipa yang baru ini,” jelas Walino, Selasa (21/2/2023).
“Proses interkoneksi pipa ini diperkirakan akan memakan waktu kurang lebih sekitar 7 jam, yang akan mulai dilakukan besok hari,” lanjutnya.

Selanjutnya, kata Walino, pihaknya akan melakukan flushing atau pembersihan pada pipa yang baru tersebut.
Pasalnya, usai pemasangan pipa masih dalam keadaan kotor dan juga kemasukan material, oleh sebab itu perlu dibersihkan terlebih dahulu.
“Kemudian kami akan melakukan pengisian reservoir. Karenakan air yang ada di reservoir itu habis digunakan untuk pencucian pipa,” papar Walino.
“Setelahnya barulah kami lakukan pengisian jaringan dan pendistribusian air bersih ke pelanggan,” sambungnya.
Untuk tahap selanjutnya, kata Walino, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap kinerja pipa jaringan yang baru.
“Akan kami lakukan evaluasi lagi, seberapa tingkat keberhasilan pemasangan pipa yang baru tersebut,” kata Walino.
Lanjutnya, apabila masih memberikan hasil yang diharapkan, maka kita akan melakukan pengendalian terhadap NRW nya, dan itu akan memakan sedikit waktu 
Selain itu, yang tidak kalah pentingnya, ucap Walino, pihaknya ajak melakukan manajemen tekanan di lapangan, agar tekanan pendistribusian air bersih bisa merata kesemua pelanggan.

“Kami berharap semua pelanggan bisa mendapatkan tekanan atau pelayanan yang sama,” harap Walino.
Adapun selama proses interkoneksi pipa baru tersebut, ungkap Walino, untuk pompa akan diberhentikan sementara waktu.
“Jadi untuk beberapa wilayah di Banjarmasin Utara sebelah kanan akan mengalami penurunan tekanan, karenakan pipa distribusi yang lama akan dipotong dan kemudian dipasang yang lama, jadi disrtribusi akan kita hentikan sementara waktu,” ungkap Walino.

Walino juga menuturkan, pasangan pipa yang baru ini nantinya  akan meningkatkan tekanan pendistribusian air bersih ke kawasan Banjarmasin Utara, khususnya Sungai Andai.
“Karenakan selama ini yang sering kali bermasalah adalah kawasan Sungai Andai. Karena untuk di Sungai Andai itu sendiri, lepas dari perkiraan kita, yang mana pertumbuhan jumlah rumah disana jauh lebih besar dari kemampuan pipa jaringan kita,” tutur Walino.
Oleh sebab itu, kita lakukan peningkatan layanan dengan cara memasang pipa baru yang lebih besar lagi, untuk mengatasi permasalahan tersebut,” pungkasnya. (Apr/riska) 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *