Habib Abdullah Bin Al Alwi Al Hamid Mendorong Generasi Muda Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW

Kalselhits.com Banjarmasin – Pada Kamis (5/10/2023), Habib Abdullah Bin Al Alwi Al Hamid, Buyut dari Habib Sholeh Tanggul, Jember, Jawa Timur, menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMKN 3 Banjarmasin. Dalam pesannya, Habib mengajak semua untuk meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW, baik dalam perilaku maupun adat, karena Nabi dianggap memiliki akhlak yang paling afdhol dan terbaik.

Habib menjelaskan bahwa akhlak Nabi Muhammad SAW adalah cerminan dari Al-Qur’an, sehingga meneladani Nabi berarti sama dengan mengikuti ajaran Al-Qur’an. Dia juga menekankan pentingnya menjalin hubungan baik dengan semua orang, termasuk non-Muslim, seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW tentang kedamaian, kebersamaan, dan persatuan.

Habib Abdullah Bin Al Alwi Al Hamid juga menyuarakan kekhawatiran terkait pemuda yang terlibat dalam tawuran dan narkoba. Menurutnya, mereka perlu lebih dekat dengan ajaran Nabi Muhammad SAW agar bisa menjauhi kejahatan tersebut.

Ketika ditanya mengenai pembentukan kelompok keagamaan untuk generasi muda, Habib berpendapat bahwa yang penting adalah adanya program-program yang mengenalkan ajaran Nabi Muhammad SAW. Dia memberikan apresiasi terhadap Program Tahfiz di SMKN 3 Banjarmasin dan menganggapnya sebagai cara yang baik untuk mengenalkan akhlak Nabi kepada generasi muda.

Kepala Sekolah SMKN 3 Banjarmasin, Mohammad Ali Muksin, menyambut baik peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengundang salah satu Buyut dari Habib Soleh Tanggul, Habib Abdullah Bin Al Alwi Al Hamid. Peringatan ini juga dijadikan kesempatan untuk mengajak semua untuk berdoa agar hujan turun dan mengakhiri masalah kebakaran hutan dan lahan di daerah tersebut.

Ali Muksin juga mengungkapkan rasa syukur atas Program Tahfiz di sekolahnya, yang merupakan upaya untuk meneladani Rasulullah dan mengenalkan akhlaknya kepada para siswa. Program ini diharapkan dapat menginspirasi semua sekolah di Kalimantan Selatan untuk mengadopsi konsep serupa.(Mega)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *