FKP Banjarmasin Bersinergi Bangun Perekonomian Dengan Semangat Kerja Pemuda

Banjarmasin :   Muhammad Ridho, Ketua Umum Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Kota Banjarmasin, Jum’at (10/3/2023) dilantik dan dikukuhkan oleh Rizky, Wakil Ketua DPW FKP Kalsel, di Balai Kota Banjarmasin.
Kata Ridho, pihaknya dengan program prioritas, Program Wirausaha Baru yang bersinergi dengan Pemko Banjarmasin, yang mana visi Pemerintah meningkatkan semangat wirausaha Pemuda, sehingga Program Unggulannya Wirausaha Baru.
“Kalau FKP lebih kepada mengadakan seperti Seminar Wirausaha, Webinar Wirausaha, Forum Diskusi Wirausaha, lebih kepada pelatihan-pelatihan,” ungkap Edo, panggilan akrab Ridho.
Disebutkannya, untuk permodalan dengan menyediakan Biro untuk mengarahkan, yang saat pelatihan, diarahkan juga dalam permodalan ke mana saja. Dijelaskan, yang ingin bergabung mulai usia 18 sampai 27 tahun dan sudah memiliki usaha atau mau berwirausaha.
Sedangkan Rizky, selaku Wakil Ketua DPW FKP Kalsel menilai, untuk Pelaku Usaha Generasi Muda di Banjarmasin sudah cukup banyak dari segi kuantitasnya, tapi dari segi kualitas masih kurang.
“Jadi harapannya dari FKP Banjarmasin bisa mewadahi dan bisa meningkatkan kualitas Wirausaha Mudanya,” pesan Rizky.
Sementara itu, Pembina DPW FKP Kalsel Sutjipto menyatakan, sudah banyak pertumbuhan komunitas yang peduli dengan Wirausaha Baru, yang salah satunya FKP Banjarmasin yang baru saja dilantik oleh Wakil Ketua FKP Kalsel. Sutjipto menyebutkan, dirinya melihat semangat para Anak Muda yang berpikir bagaimana bisa Berwirausaha, bisa berimprovisasi menyalurkan ekspresinya dalam berusaha dan melihat yang trend saat ini. 

“Saya lihat tadi sudah bersinergi juga dengan Pemko Banjarmasin selama ini. Yang sering berinteraksi dengan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin. Sebagai Narasumber juga. Jika sinergi ini tetap dijalankan, saya yakin anggota FKP akan bisa berkontribusi untuk tumbuhnya Wirausaha Baru yang ada di Banjarmasin,” ungkap Sutjipto.
Ditambahkan Sutjipto, juga bisa menjadi Mitra Pemerintah melakukan pembinaan untuk Wirausaha Baru yang saat ini sudah terdaftar. Sutjipto mengajak, agar semuanya bisa berkolaborasi karena banyaknya komunitas di Banjarmasin dan saling bahu membahu.
Aktivitas FKP di Kalsel saat ini diakui Sutjipto belum banyak, sehingga sebagai Pembina,  Sutjipto melakukan komunikasi dan koordinasi dengan para Pengurus DPW FKP Kalsel dan melakukan meeting zoom. Kemudian menanyakan program kerja FKP. Hal ini kata Sutjipto, dikarenakan potensi Generasi Muda yang besar dan perlu tempat yang mengayomi dan Generasi Muda perlu identitas. Apalagi nama FKP sebagai Mitra Kementerian Pemuda dan Olahraga RI l, peluangnya harus dimanfaatkan dengan mencari Ketua-ketua yang aktif dan memiliki jaringan yang besar, termasuk Ketua FKP Kota Banjarmasin yang telah dilantik tersebut, yang dinilai Sutjipto, dengan semangatnya dapat memberikan kontribusi bagi Banjarmasin.***riska

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *