Danlanal Banjarmasin Sambut dan Lepas Peserta Expedisi Maritim 2023 dalam rangka peringatan HUT TNI Angkatan Laut ke-78

Kalselhits. Com, Banjarmasin – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin, Kolonel Laut (P), Agus Setyawan menyambut Expedisi Maritim 2023 dalam rangka peringatan HUT TNI Angkatan Laut ke-78 bertujuan untuk memberikan edukasi kepada generasi penerus tentang negara maritim Indonesia. Di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kamis (07/09/2023).

Danlanal Banjarmasin menjelaskan, Expedisi Maritim ini terbagi menjadi dua rute yaitu rute putih berangkat dari Lantamal XII/Pontianak dan rute merah berangkat dari Lantamal XIII/Tarakan dan direncanakan akan bertemu di IKN pada tanggal 10 September 2023.

Read More

Pada acara penyambutan tersebut, beberapa kegiatan juga diselenggarakan diantaranya pemberian piagam penghargaan kepada club-club yang tergabung dalam IOF Pengda Kalsel, Bhakti Sosial Penyerahan Tali Asih kepada Yayasan Yatim Piatu Ar Rahman, Penyampaian sejarah perjuangan Kumai 14 Januari 1946 dalam rangka mempertahankan kemerdekaan RI dan dilanjutkan dengan panggung hiburan untuk masyarakat.

Tepat hari ini bendera expedisi maritim putih yang semula dibawa dengan menggunakan rute darat diestafetkan kepada Komandan KRI Layang-635 Letkol Laut (P) Eko Darmawan untuk dibawa menuju Banjarmasin melalui rute laut.

Kegiatan expedisi maritim ini merupakan upaya pembinaan potensi maritim dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla), sehingga kehadiran TNI Angkatan Laut dapat dirasakan ditengah-tengah Masyarakat.

“Tanggal 10 September nanti adalah HUT AL ke-78, ada program expedisi maritim. Ada dua rute yang ditempuh, yakni rute Merah dari Kaltara dan rute Putih dari Kalbar. Mereka sama-sama bergerak untuk menuju titik yang di tuju, yakni di IKN dan diharapkan perjalanan tim expedisi bisa sampai tepat waktu pada HUT AL nanti, dan setelahnya kita akan gelar upacara disana,”ujar Danlanal Banjarmasin

“Perjalanan ini melalui Banjarmasin, karena ada markas perjuangan divisi IV ALRI. Pastinya misi ini bertujuan menggali potensi maritim di daerah,” pungkas Agus. (ufx)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *