Banjarmasin Menghadapi Musim Kemarau: Panggilan untuk Tanggap Darurat dan Perhatian Kesehatan Masyarakat

Kalselhits.com Banjarmasin, 6 Oktober 2023 – Ketua Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kalsel, Winardi Sethiono, mengungkapkan keprihatinannya terkait kabut asap yang masih melanda Banjarmasin, meskipun telah mengalami sedikit penurunan ketebalan dan bau pada Kamis (5/10/2023). Winardi berbicara tentang dampak dari pembakaran lahan, yang di satu sisi dapat meningkatkan kesuburan tanah, tetapi juga dapat mengakibatkan polusi yang merusak kesehatan masyarakat.

Winardi mendesak Pemerintah Kalsel, di bawah kepemimpinan Gubernur Sahbirin Noor, untuk menyatakan Tanggap Darurat sebagai respons terhadap situasi saat ini, yang dinilai telah mencapai tingkat krisis. Ia menyoroti masalah kesehatan masyarakat, terutama peningkatan kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), dan meminta bantuan pengobatan gratis sebagai langkah penting.

Meskipun mendukung pembelajaran online sebagai solusi untuk menghindari asap, Winardi juga mengingatkan bahwa udara berdampak pada kualitas udara di dalam rumah, terutama bagi mereka yang kurang mampu. Ia menekankan perlunya perhatian khusus terhadap mereka yang paling rentan di tengah kondisi saat ini.

Winardi menegaskan bahwa meskipun Kalsel belum mengalami kebakaran lahan sebesar daerah lain, situasi saat ini memerlukan perhatian serius dan tindakan cepat dari pihak berwenang, terutama dalam meningkatkan upaya penanggulangan dan perlindungan lingkungan.

Dalam penutupannya, Winardi mengapresiasi langkah-langkah antisipatif yang telah diambil oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah, namun ia juga menekankan pentingnya terus memperbaiki dan memperkuat upaya-upaya tersebut guna melindungi masyarakat dan lingkungan.(Mega)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *