ASN Penuhi Hari Batik Nasional dengan Gembira dan Sasirangan Berwarna Biru

Kalselhits.com Banjarmasin – Pada Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Banjarmasin mengenakan Batik dengan penuh kegembiraan dan kebahagiaan. Mereka tak hanya tampil bersahaja, tetapi juga memeriahkan aktifitas dan layanan mereka dengan penuh semangat.

Dalam rangkaian kegiatan bakti kesehatan Polri Presisi untuk Negeri, Sutjipto, Ketua Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah Kalsel, menerima kunjungan tamu dari Jajaran Polri, termasuk Polda Kalsel. Mereka berkumpul di standnya yang berlokasi di Halaman Taman Budaya, jalan Brigjen H Hasan Basri Banjarmasin pada Senin siang (2/10/2023). Yang menarik, para tamu dari Polri juga mengenakan pakaian Sasirangan berwarna biru.

Tema kegiatan bakti kesehatan Polri Presisi untuk Negeri kali ini adalah “Khitanan Massal, Pengobatan Gratis, Pengentasan Stunting, dan Donor Darah”. Ketua Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah Kalsel, Sutjipto, yang secara kebetulan juga mengenakan Sasirangan warna biru saat diwawancara di Kantornya pada Senin sore (2/10/2023), mengungkapkan pentingnya mensosialisasikan dan menasionalkan Sasirangan di Kalimantan Selatan.

Sutjipto berbicara, “Sasirangan sudah menjadi bagian dari identitas Kalimantan Selatan dan perlu kami sosialisasikan lebih lanjut. Bahkan, Sasirangan sudah meluas hingga tingkat nasional dan bahkan internasional. Di beberapa daerah seperti Madura dan Jawa Timur, guru-guru sudah mengenakan Sasirangan yang dipesan dari Banjarmasin. Sarinah juga telah membuka gerai untuk Sasirangan dari para Pelaku UMKM di Banjarmasin.”

Selanjutnya, Sutjipto menyatakan upaya untuk membuat Sasirangan menjadi seragam nasional pada hari-hari tertentu, terutama setelah Presiden RI Jokowi mengenakan Busana Nusantara pada peringatan HUT RI ke-78 baru-baru ini. Dia berharap bahwa Dinas Pariwisata dapat mendukung usaha ini, terutama karena Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, memiliki hubungan yang baik dengan Menteri Sandiaga Uno.

Banjarmasin juga memiliki Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) yang diselenggarakan setiap tahun oleh Pemko Banjarmasin. Sutjipto berharap bahwa festival ini dapat menjadi pintu masuk untuk mengumumkan Hari Sasirangan Nasional, dengan harapan acara tersebut akan mendapatkan dukungan dari para Menteri dan tokoh budaya di Indonesia.

Di tempat kerjanya, Kantor Perusahaan milik Sutjipto, CV Banjar Indah, Sasirangan dikenakan oleh karyawan pada setiap Hari Kamis, dengan tingkat partisipasi mencapai 95 persen. Selain itu, rencananya Kantor Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah Kalsel akan mengadopsi Gamis Sasirangan pada setiap Hari Jum’at.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *