PT. Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Banjarmasin Laksanakan Simulasi Keadaan Darurat Beserta Masyarakat Ring 1

Kantor PT. Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Banjarmasin. (Foto : Ist)

Kalselhits. Com, Banjarmasin – PT. Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Banjarmasin beserta masyarakat Ring 1 melaksanakan Simulasi Keadaan Darurat di Kantor Integrated Terminal Banjarmasin. Senin (23/10/2023) Pukul 09.00 Wita.

Simulasi yang melibatkan beberapa elemen seperti BPBD, Damkar Pemko, 2 Rumah Sakit Suaka Insan dan Islam, Polsek Banjarmasin Barat, Koramil, Pam Obvit Polda, Lurah, masyarakat dari 3 RT/RW, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Kegiatan simulasi keadaan darurat ini untuk meningkatkan kesiapan dan respons tim dalam menghadapi situasi darurat di terminal tersebut.

Latihan ini mencakup berbagai skenario, termasuk kebakaran, kebocoran, dan evakuasi. Dan berapa lama waktu yang di butuhkan untuk mengeluarkan semua mobil tangki apabila terjadi musibah sebenarnya serta berapa lama Damkar datang ke lokasi.

Tim dari berbagai departemen juga turut bekerja sama dalam latihan ini, menunjukkan komitmen mereka terhadap keselamatan dan keamanan operasional.

Menurut Peltu Wahyu, BKO PT. Pertamina, Simulasi ini adalah langkah positif menuju peningkatan keamanan dan kesiapan darurat di terminal integrated Banjarmasin.

“Kegiatan simulasi ini adalah langkah positif menuju peningkatan keamanan dan kesiapan darurat di terminal ini, ” jelas Peltu Wahyu kepada awak media.

Peltu Wahyu juga menjelaskan program kerja ini memang diadakan satu tahun dua kali, untuk penangulangan darurat.

“Program kerja ini memang kita targetkan untuk masyarakat dan stakeholder terkait untuk mendukung kinerja kami, kami tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya media dan mata telinga dari masyarakat, ” ucapnya.

Pada simulasi kali ini pihak Pertamina melakukan seperti kejadian nyata dengan menutup jalan dan menyediakan 2 titik evakuasi, yaitu di Masjid Baitul Rahman dan di dekat Jembatan HKSN.

“Untuk simulasi ini kita menyediakan 2 titik evakuasi, yaitu di mesjid Baitul Rahman dan di dekat jembatan HKSN, kedua titik tersebut untuk memudahkan masyarakat yang berada di ring 1 menyasar titik tujuan yang tepat untuk mengungsi,” tutupnya. (ufx)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *