Meningkatkan Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Buka Puasa Bersama di Pondok Pesantren Aali Hasan Taribeh

Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Selama bulan Ramadan, umat muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Puasa bukan hanya menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga mengajarkan kesabaran, keikhlasan, dan kepedulian sosial. Oleh karena itu, kegiatan buka puasa bersama sering diadakan sebagai ajang silaturahmi dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Salah satu kegiatan buka puasa bersama yang diadakan adalah di Mahad Aalie Hasan Taribeh, sebuah pondok pesantren Islam yang terletak di kota Sei Andai yang dipimpin oleh Habib Syarif Achyani Alydrus. Kegiatan buka puasa bersama ini dihadiri oleh para Ustadz antara lain Ustadz Ahmad Irwan dari Tatah Bangkal dan juga Ustadz Rahimi S.Ag, juga para pejabat pemerintah kota setempat dan tentunya para anak-anak yatim yang ada di wilayah Sei Andai, khususnya di jalan Padat Karya.

Selain kegiatan buka puasa bersama, di Mahad Aalie Hasan Taribeh juga diadakan acara santunan untuk 40 anak yatim. Acara santunan ini diadakan sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap anak-anak yatim yang membutuhkan.

Acara santunan dimulai dengan pembagian paket hempers kepada anak-anak yatim yang hadir. Selain itu, para ustadz juga memberikan uang saku kepada anak-anak yatim untuk membantu mereka membeli keperluan sehari-hari.

Ketika waktu berbuka puasa tiba, suasana di Mahad Aalie Hasan Taribeh menjadi semakin meriah. Para ustadz dan anak-anak yatim berkumpul mereka berdoa bersama sebelum memulai berbuka puasa. Setelah itu, mereka membuka puasa dengan makan dan minum bersama-sama.

Di sela-sela kegiatan buka puasa bersama, para ustadz memberikan ceramah singkat tentang arti Ramadan dan makna puasa. Mereka juga mengajak para anak-anak yatim untuk menghafal ayat-ayat suci Al-Quran dan memperdalam pengetahuan agama Islam. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan kecintaan terhadap agama Islam.

Selain itu, kegiatan buka puasa bersama ini juga dijadikan sebagai ajang untuk berbagi dengan sesama. Para ustadz dan anak-anak yatim menyiapkan makanan dan minuman yang berlebihan untuk dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitar lingkungan Mahad Aalie Hasan Taribeh. Mereka juga mengajak para tamu yang datang untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan berbagi ini.

Dalam kegiatan buka puasa bersama di Mahad Aalie Hasan Taribeh, terdapat nilai-nilai sosial yang sangat penting. Para ustadz dan anak-anak yatim belajar untuk bersama-sama mempersiapkan kegiatan buka puasa bersama, saling membantu satu sama lain.

Namun, untuk dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat sekitar, Pondok Pesantren Aali Hasan Taribeh membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari para donatur. Dukungan dari para donatur sangat dibutuhkan untuk membiayai pembangunan gedung-gedung belajar, perawatan fasilitas, dan kegiatan-kegiatan lainnya di Pondok Pesantren Aali Hasan Taribeh.

Bagi donatur yang ingin ikut serta dalam pembangunan Pondok Pesantren Aali Hasan Taribeh, dapat menghubungi nomor 0852 9866 6777 (Habib Syarif Achyani Alydrus) selaku ketua dan pembina Pondok Pesantren Aali Hasan Taribeh. Melalui dukungan dari para donatur, Pondok Pesantren Aali Hasan Taribeh dapat terus memberikan layanan pendidikan yang berkualitas bagi santri dan masyarakat sekitar.

Dukungan dari para donatur tidak hanya memberikan manfaat bagi Pondok Pesantren Aali Hasan Taribeh, tetapi juga memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar. Pondok pesantren ini memberikan pendidikan yang mengajarkan nilai-nilai kebaikan dan moral kepada para santri, sehingga mereka menjadi generasi yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *