Memfasilitasi Pengobatan Tradisional, Samosir Ingin Pemerintah Daerah Menjadikan Sebagai Kegiatan Wisata

Kalselhits. Com, Banjarmasin – Pengobatan tradisional Dayak Maanyan yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 20 – 21 September 2023 di kedai 99 Trisakti Banjarmasin dan di fasilitasi oleh Drs Saut Nathan Samosir MBA, Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Fraksi PDI Perjuangan ini.

Kegiatan selama 2 hari tersebut sekitar 800 masyarakat yang hadir untuk berobat sejak pengobatan tradisional ini viral dan banyaknya pasien yang sembuh.

Keviralan pengobatan tradisional ini karena sosok Eda Steven Lalung (Pangkalima Bangkirayen) yang disebut-sebut mampu menyembuhkan berbagai penyakit tulang. Eda Steven Lalung sendiri dikenal sebagai seorang ahli pengobatan tradisional atau alternatif dengan metode pengobatan yang tak biasa.

Banyak yang menyebutkan bahwa pengobatan alternatif yang dilakukan Eda Steven Lalung tersebut ajaib karena banyak pasien yang berhasil sembuh hanya dalam waktu yang singkat. Eda Steven Lalung disebut mampu menyembuhkan patah tulang, tidak bisa bicara atau bisu, saraf kejepit, stroke dan yang lainnya.

Dikenal dengan nama Pengobatan Eda Steven Lalung (Pangkalima Bangkirayen) Minyak Dayak Maayan, itulah yang menjadikan dirinya sukses dan terkenal dalam pengobatan alternatif ini.

Sehingga membuat banyak orang yang jadi penasaran dan ingin mencoba pengobatan tradisional tersebut.Bagi pasien yang mengalami patah tulang, tulang bengkok atau masalah tulang lainnya, Eda Steven Lalung akan mengoleskan minyak berwarna seperti teh dan kemudian mengurutnya.

Minyak yang dipakai Eda Steven Lalung diketahui berasal dari ramuan suku Dayak asli Maayan. Minyak tersebut terbilang cukup ampuh karena banyak pasien yang sembuh setelah menjalani pengobatannya.

Dalam proses pengobatan alternatif yang dilakukannya, Eda Steven Lalung juga selalu melakukan tarian khas dan di iringi lagu Dayak yang menambah kesan ajaib untuk menyembuhkan pasiennya.

Meski banyak pasien yang langsung sembuh setelah berobat ke Eda Steven Lalung namun ada juga beberapa penyakit yang tidak bisa langsung sembuh dan membutuhkan proses.

Seperti diketahui, pria yang berasal dari Bangkirayen Kalimantan Tengah ini sudah berkeliling di beberapa kota di Indonesia untuk mengobati warga.

Eda Steven Lalung juga mengaku sangat berterima kasih kepada Drs Saut Nathan Samosir MBA, karena telah memfasilitasi pengobatan alternatif yang spektakuler dan sangat bermanfaat bagi masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya.

Drs. Saut Nathan Samosir, MBA. Dan istri serta didampingi Eda Steven Lalung. (Ist)

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Drs. Saut Nathan Samosir, MBA dari Fraksi PDIP menambahkan, ia berharap agar kegiatan pengobatan tradisional yang dilakukan oleh Eda Steven Lalung ini masuk di dalam kalender event Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin dan tentunya diperlukan dukungan dari pemerintah kota serta stakeholder dari pihak terkait.

“Saya berharap agar kegiatan pengobatan tradisional seperti ini masuk ke dalam kalender event Disbudpar Kota Banjarmasin, untuk mencapai itu diperlukan dukungan dari pemerintah kota dan stakeholder terkait, ” harap Samosir kepada awak media, Kamis (21/9/2023).

Menurutnya, Pemko Banjarnasin melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dapat mengembangkan event tersebut menjadi salah satu program unggulan yang dapat menarik kunjungan wisatawan, baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar negeri.

“Ini kan sudah menjadi tradisi, menjadi adat budaya yang dipelihara secara turun-temurun, jadi memang harus menjadi perhatian pemerintah daerah,” ujarnya.

Lebih jelas ia menyebutkan, dengan dimasukkannya ke dalam kalender event pariwisata Kota Banjarmasin, pemerintah akan mengemas kegiatan tersebut menjadi lebih baik sekaligus mempromosikan kegiatan tersebut sebagai salah satu kegiatan pariwisata dan budaya di Kota Banjarmasin.

Selain itu Drs Saut Nathan Samosir MBA, juga ingin masyarakat untuk mendukung serta tetap melestarikan adat istiadat Suku Dayak dan mendorong agar kegiatan itu dikolaborasikan dengan pemerintah daerah agar dikemas dengan lebih baik sehingga menarik untuk dijadikan kegiatan wisata.

“Perlu diketahui Obat tradisional yang digunakan pada pengobatan ini berasal dari resep nenek moyang, adat istiadat, kepercayaan, maupun kebiasaan penduduk Dayak Kalteng, yang bukan tidak mungkin menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan,”pungkasnya. (ufx)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *