Jurnalis Senior Transmedia, Risanta Sabet Penghargaan Penulis Terbaik Pertama OJK Institute

Tiga orang Jurnalis yang terpilih dan terbaik pada Journalist Class Angkatan 8 yang diadakan OJK Institute.(foto : Ist)

Kalselhits.com, Banjarbaru – Jurnalis Senior Transmedia, Muhammad Risanta, dinobatkan sebagai peserta terbaik pertama OJK Journalist Class Angkatan 8 Tahun 2024. Pria yang juga seorang traveler ini menyabet gelar juara pertama Lomba Menulis Jurnalistik yang diselenggarakan OJK Institute.

Risanta sendiri merupakan salah satu peserta yang mengikuti Workshop OJK Journalist Class Angkatan 8, di Grand Qin, Banjarbaru. Bersama 40 Jurnalis Kalsel dan Kalteng, dirinya mengikuti kelas padat belajar terkait keilmuan Sektor Jasa Keuangan, sejak 27 Pebruari 2024 hingga 1 Maret 2024.

Proses menuju gelar terbaik sendiri tidak mudah, karena harus mengikuti serangkaian acara dan aktif sepanjang kegiatan pembelajaran kelas. Tak hanya itu peserta yang merupakan Jurnalis pilihan dan berkualitas ini, harus mampu menjawab soal-soal pre test dan post test yang merupakan salah satu point penilaian tertinggi. Dan wajib mengikuti lomba menulis dengan teman Peer to Peer Lending dengan isu terkini dan analisa khusus.

“Alhamdulillah, memang kita tidak mentargetkan apa-apa.Karena datang ingin belajar bersama kawan-kawan dari Kalsel maupun Kalteng, apalagi materinya sangat bagus dan penting diketahui untuk Jurnalis yang memfokuskan diri dalam desk liputan ekonomi khususnya keuangan dan perbankan,” kata Risanta, usai menerima Sertifikat Juara I terbaik sebagai peserta workshop dan penulis artikel terbaik dari Ni Nyoman Puspani, Direktur Perencanaan Sumber Daya Manusia, Kamis (29/02/2024).

Risanta yang sehari-hari menjadi Dosen Tetap STIE Pancasetia Banjarmasin, bersyukur bisa menjadi juara dalam lomba menulis terkait literasi Fintech Peer-to-peer Lending.

Artikelnya berjudul Memahami Fintech P2P Lending, Sebagai Berkah Bukan Sebuah Musibah, menarik perhatian tim juri OJK Institute hingga mendongkrak peroleh point tertinggi juga untuk peserta terbaik pertama dalam OJK Journalist Class Angkatan 8 yang diikuti 40 orang Jurnalis Ekonomi terbaik se-Kalselteng.

Selain Risanta, Jurnalis asal Banua lainnya Muhammad Faidurrahman (Rilis Kalimantan.Com) berhasil meraih posisi ketiga. Sedangkan juara kedua diraih Jurnalis perempuan asal Palangkaraya, Testi Priscilla (Borneo News).

“Penilaian kriteria pemenang berdasarkan dari keaktifan peserta dalam diskusi, penilaian pre test dan post test, kehadiran, serta penulisan naskah artikel mengenai peer-to-peer lending,” kata Direktur Pengembangan Sektor Jasa Keuangan, Ni Nyoman Puspani saat mengumumkan hasil lomba di Grand Qin Hotel, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Direktur Perencanaan Sumber Daya Manusia, saat mengumumkan hasil lomba, mengatakan tiga orang Jurnalis yang terpilih ini merupakan yang terbaik pada Journalist Class Angkatan 8 yang diadakan OJK Institute.

“Ketiga berhak mengikuti kegiatan serupa di Jakarta namun dalam level yang lebih tinggi. Diharapkan pula ketiga Jurnalis terpilih ini menjadi leader terdepan dalam memberikan literasi keuangan kepada masyarakat luas, setelah juga bersama puluhan Jurnalis lainnya diminta menjadi Duta Literasi Keuangan OJK,” ucap Ni Nyoman Puspani.(*/ufx)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *